Ketika Samsung Galaxy S22 Ultra Lebih Cocok Bernama Galaxy Note 22…

Setelah dinanti-nanti, trio ponsel flagship dari keluarga Samsung Galaxy S22 series akhirnya resmi diluncurkan, yaitu Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra.

Dari ketiganya, Galaxy S22 Ultra yang diposisikan sebagai model teratas mendapatkan perubahan besar-besaran dibanding pendahulunya, Galaxy S21 Ultra yang dirilis pada 2021 lalu.

Salah satu perubahan terbesar adalah Galaxy S22 Ultra, kini, sudah dibekali dengan pena digital (stylus) S Pen bawaan alias built-in di dalam bodi ponsel. Adanya dukungan S Pen built-in ini membuat Galaxy S22 Ultra semakin mirip dengan ponsel dari keluarga Galaxy Note.

Selain itu, mengingat Samsung tak jadi merilis model Galaxy Note terbaru, tak heran bila muncul spekulasi yang menyebutkan bahwa Galaxy S22 Ultra disiapkan sebagai smartphone pengganti Galaxy Note.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S22 Ultra, Serupa Galaxy Note dan Punya Stylus Bawaan

Lihat Foto
Galaxy S21 Ultra menggunakan S Pen.(Samsung)
Gelagat Samsung menjadikan versi “ultra” dari lini ponsel flagship Galaxy S sebagai “pengganti” jajaran ponsel Galaxy Note agaknya sudah mulai terendus sejak tahun lalu.

Ketika meluncurkan jajaran Galaxy S21 series pada Januari 2021, Samsung untuk pertama kalinya menyertakan dukungan stylus S Pen di luar lini ponsel Galaxy Note, yaitu pada model Galaxy S21 Ultra.

Padahal sebelumnya, S Pen adalah fitur eksklusif yang hanya tersedia di jajaran ponsel Galaxy Note.

Karena pertama kali diperkenalkan, S Pen pada Galaxy S21 Ultra dijual secara terpisah bersama dengan bookcover. Hal ini dikarenakan bodi ponsel Samsung S21 Ultra tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen, layaknya di Galaxy Note.

Nah, yang menarik, tahun 2022 ini, Samsung benar-benar menyertakan dukungan S Pen sepenuhnya pada ponsel flagship terbarunya, Galaxy S22 Ultra. Maksudnya, Samsung secara resmi telah membekali Galaxy S22 Ultra dengan stylus S Pen bawaan.

Karena sudah memiliki S Pen bawaan, Galaxy S22 Ultra, kini, juga memiliki kompartemen khusus di sisi kiri bawah bodi ponsel untuk menyimpan sekaligus mengisi daya S Pen, persis seperti di ponsel Galaxy Note.