Bos BCA Beri Tips ke Investor Pemula: Pertama, Kenali Profil Risiko Anda

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA, Jahja Setiaatmadja, memberikan beberapa tips bagi investor pemula.

Ia menyebutkan, hal pertama yang harus diperhatikan dalam menentukan jenis instrumen investasi yang dipilih sebaiknya berbasis pada profil risiko investor. Dengan begitu, sejak awal sudah dapat diukur toleransi investor terhadap kemungkinan rugi.

“Menurut saya, Anda harus mengenali diri sendiri,” ujar Jahja, Selasa, 9 Februari 2022.

Ia lalu mencontohkan, bila calon investor tergolong agresif bila berani atau dapat menoleransi tingkat kerugian tertentu. “Agak berani loss tidak apa-apa, tetapi mencari target income yang tinggi. Ya masuk ke investasi yang tanda petik ada spekulasi tinggi,” katanya.

Sebaliknya, investor termasuk golongan konservatif bisa memilih instrumen investasi yang relatif aman. Sedangkan investor moderat bisa mencampur investasi yang berisiko tinggi dengan investasi dengan risiko serta imbal hasil rendah.

“Jadi, tergantung juga dari sifat Anda, itu yang pertama,” tutur Jahja.

Hal kedua, menurut dia, adalah pilihan jenis investasi harus memperhatikan kebutuhan dari tiap individu.”Tentunya banyak sekali investasi dan dalam hal ini Anda harus melihat kebutuhan. Jangan hanya sekadar investasi.”

12 Selanjutnya