in

ITS Ciptakan APD Face Shield Mask

beritaviral.id – Untuk membantu mencegah penyebaran wabah corona atau Corona Virus Disease 19 (Covid-19), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) Face Shield Mask yang diproduksi sendiri.

Djoko Kuswanto ST, Kepala Laboratorium Integrated Digital Design Departemen Desain Produk Industri ITS selaku inventor mengungkapkan, gagasan membuat APD sebab jumlah APD yang kian menurun, inilah yang menggugah ITS bersama Asosiasi Printer 3D Indonesia ikut memberikan bantuan APD dengan memproduksi Face Shield Mask ini.

“Target produksi dari Face Shield Mask ini dapat memenuhi 500 sampai 1.000 item setiap hari. dan diupayakan untuk mencapai target tersebut,” ujarnya.

Djoko yang juga Koordinator Asosiasi Printer 3D Indonesia chapter Jatim ini menjelaskan, Face Shield Mask dipilih karena mudah dibuat dengan estimasi waktu pembuatan yang terbilang cepat. “Apalagi, masker menjadi kebutuhan yang mendesak saat ini,” ungkapnya.

Berdasarkan dari data yang diterima Laboratorium Integrated Digital Design ITS, saat ini kebutuhan masker mencapai 270.000 buah. Didukung fakta tersebut, Djoko menuturkan bahwa akan ada dua jenis prosedur produksi yang diterapkan. Tujuannya adalah efisiensi kerja produksi.

Dengan menggunakan bantuan CNC Router, bekerja sama dengan Laboratorium Protomodel ITS, kecepatan produksi Face Shield Mask ini diharapkan dapat segera memenuhi kebutuhan, khususnya di Jawa Timur dengan permintaan yang telah mencapai 35.000 buah.

“Satu CNC Router memiliki kecepatan produksi hampir sama dengan 200 sampai 400 printer sekaligus, alat ini kemudian kami pilih sebagai cara yang diprioritaskan,” ujarnya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Written by Hary Prasodjo

Penerapan Social Distancing KAI Kembalikan Tiket Penumpang KA

SHS Banyak Cetak Wirausaha Mamin