Begini Cara menghapus Data Pribadi dari Pinjaman Online

Begini Cara menghapus Data Pribadi dari Pinjaman Online

SMS blast yang menawarkan pinjaman online seringkali mengganggu aktivitas kita. Tawaran pinjol ini sering dikirim di waktu-waktu yang tidak tepat.

Padahal, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah melarang aplikasi pinjaman online untuk melakukan penawaran melalui SMS. Larangan ini telah tercantum dalam Peraturan OJK (PJOK) Nomor 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Tidak salah, kalau aktivitas SMS blast berisi penawaran pinjaman online ini digunakan oleh para penyedia layanan pinjol ilegal.

Tidak salah, beberapa pengguna aplikasi pinjol legal berkeinginan untuk menghapus data pribadi dari database mereka. Lantas, bagaimana cara supaya nomor kamu terhapus dari layanan aplikasi pinjol?

Pentingnya Menghapus Data dari Pinjaman Online

Risiko penggunaan pinjol ilegal sangatlah besar. Oleh karena itu, menghapus data pribadi dari pinjaman online harus kamu lakukan agar tidak terganggu dengan tawaran yang terus muncul tersebut.

Bahkan, penyedia layanan pinjol ilegal ini tidak hanya mengirim tawaran melalui SMS saja. Mereka juga mencari mangsa dengan cara telepon hingga mengirim pesan via  Whatsapp.

Dengan menghapus data pribadi dari database aplikasi pinjol legal, kamu tidak akan lagi mendapat tawaran maupun penagihan pinjaman baik lewat SMS, telepon, maupun Whatsapp.

Perizinan Aplikasi Pinjol

Sebelum mengetahui cara menghapus data dari aplikasi pinjaman online, ada baiknya kamu memahami data apa saja yang dibutuhkan pinjol sebelum memberikanmu izin pengajuan pinjaman.

Biasanya, aplikasi pinjol akan meminta akses ke jaringan internet, nomor kontak, lokasi, hingga nomor yang dapat dihubungi, baik via SMS maupun telepon.

Beberapa pinjaman online juga mensyaratkan para debiturnya untuk memberikan akses ke akun sosial media, akun e-commerce, hingga akses internet banking. Syarat seperti inilah yang seharusnya diwaspadai.

Jika akses tersebut kamu berikan, maka artinya kamu telah menyerahkan privasi dalam ponsel kamu kepada mereka. Hal ini seringkali tidak disadari oleh para calon debitur.

Wajar saja, banyak pengguna yang telanjur menyerahkan data ini kepada para pinjol berniat untuk menghapus data kontak dari pinjaman online tersebut.

Cara Hapus Data Akses Data Aplikasi Pinjaman Online

Untuk menghapus izin akses data kontak pada aplikasi pinjol dari ponsel, kamu bisa lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

Masuk ke menu setelan atau “Setting” di HP kamu.
Pilih menu “Aplikasi”.
Pilih “Kelola Aplikasi” lalu cari aplikasi pinjaman online yang kamu gunakan.
Gulir ke bawah dan masuk ke perizinan dengan cara tab menu “Perizinan Aplikasi”
Pilih satu per satu akses perizinan, lalu kamu bisa mematikan semua izin aplikasi tersebut.

Setelah itu, aplikasi pinjaman online sudah tidak bisa mengakses data yang ada di ponsel kamu lagi.

Cara Menghapus Data Pribadi dari Pinjaman Online

Setelah menghapus data akses aplikasi, langkah selanjutnya adalah menghapus data pribadi kamu dari database pinjaman online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Untuk menghapus data pribadi dari pinjaman online, kamu harus memastikan bahwa pinjaman atau tagihan kamu di aplikasi tersebut sudah lunas.
Ajukan permohonan penghapusan data pribadi yang bisa kamu lakukan dengan cara menghubungi customer service pinjaman online yang kamu gunakan.
Setelah itu, kamu bisa uninstal aplikasi tersebut agar aplikasi pinjaman online tidak bisa mengakses data pribadi kamu.
Jika data kamu masih tercantum di aplikasi tersebut, cobalah untuk mengganti nomor kamu.
Hapus akun media sosial dari ponsel, baik Whatsapp, FB, Twitter, dan Instagram kamu.
Kamu juga bisa mereset ponsel kamu ke pengaturan awal dari pabrik.
Jika data kamu belum terhapus, kamu bisa melaporkan penyalahgunaan tersebut ke OJK.

Perlu diingat, cara ini dilakukan bukan karena kamu ingin menghindari tagihan dari pinjol, ya. Jika kamu tetap melakukannya meskipun tagihan kamu belum sepenuhnya lunas, maka pihak pinjaman online akan tetap bisa melacak kamu.

Meskipun cara ini mudah untuk dilakukan, sebenarnya tidak ada yang dapat memastikan langkah-langkah ini benar-benar dapat menghapus data kamu dari database perusahaan pinjaman online.

Meski demikian, kamu tetap bisa melakukan cara ini setelah semua tagihan kamu lunas agar tidak terjadi masalah-masalah di kemudian hari. Semoga cara menghapus data pribadi dari pinjaman online di atas bermanfaat untuk kamu, ya.