Waspada Banjir, Pagi Ini Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta menginformasikan kenaikan status Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, menjadi Siaga 2 dengan ketinggian muka air mencapai 212 sentimeter (cm) pada Ahad pukul 04.00 WIB.

BPBD DKI menginformasikan kondisi permukaan air berdasarkan sumber informasi dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta.

“Antisipasi wilayah yang kemungkinan akan terdampak: Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru,” tulis BPBD dalam akun resmi Twitter @BPBDJakarta di Jakarta, dikutip Antara.

Berdasarkan kronologi, tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan pada Ahad pukul 00.00 WIB masih berada pada ketinggian 185 cm atau berstatus Waspada/Siaga 3.

Lalu pukul 01.00 WIB, tinggi muka air meningkat menjadi 192 cm. Selang satu jam kemudian, ketinggian muka air sudah mencapai kembali naik menjadi 193 cm.

Pada pukul 03.00 WIB ketinggian muka air Pintu Air Pasar Ikan kembali naik menjadi 194 cm, hingga pada pukul 04.00 WIB ketinggian mencapai 212 cm sehingga statusnya dinaikkan menjadi Siaga/Siaga 2.

Status siaga 2 ini masih bertahan hingga pukul 6.00 WIB dengan ketinggian 210 cm.

BPBD DKI juga menginformasikan bahwa kondisi cuaca di Pintu Air Pasar Ikan saat ini dalam kondisi terang.

Terkait kenaikan status Pintu Air Pasar Ikan, BPBD DKI Jakarta telah melakukan beberapa upaya, yakni penyebaran informasi melalui media sosial serta pemberitahuan peringatan kepada camat dan lurah.

BPBD DKI Jakarta juga mengeluarkan peringatan potensi hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Ahad siang dan sore hari serta Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Barat pada Senin (14/3) dini hari.

Baca juga: Survei Populi Center: 74,9 Warga Jakarta Puas Atas Kinerja Anies Tangani Banjir