Kemenkeu: Konsumsi Rumah Tangga Tumbuh Progresif 2,02 Persen di 2021

Jakarta -Kementerian Keuangan atau Kemenkeu mengatakan konsumsi rumah tangga mampu tumbuh progresif 2,02 persen pada 2021, setelah terkontraksi 2,63 persen di 2020. Sementara, aktivitas investasi yang sempat tertahan kembali meningkat 4,49 persen pada triwulan IV/2021.

“Keberlanjutan Program Strategis Nasional dan belanja modal pemerintah, serta mulai membaiknya kinerja investasi sektor swasta menjadi penopang perbaikan laju pertumbuhan investasi pada triwulan IV,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu dalam keterangan rilis, Selasa, 8 Februari 2022.

Menurutnya, pemulihan ekonomi yang semakin kuat terlihat dari perbaikan kinerja investasi yang kembali tumbuh positif 3,80 persen. Konsumsi pemerintah tumbuh 5,25 persen (yoy) di triwulan IV atau 4,17 persen secara keseluruhan 2021.

“Sejalan dengan peningkatan realisasi belanja negara, khususnya terkait akselerasi program vaksinasi, keberlanjutan program perlindungan sosial, serta pelaksanaan layanan publik pemerintah,” kata Febrio Kacaribu.

Dia mengatakan, ekspor mencatatkan pertumbuhan tinggi pada triwulan IV sebesar 29,83 persen (yoy). Kinerja impor tumbuh 29,6 persen (yoy) didominasi importasi barang modal dan bahan baku yang mencerminkan peningkatan aktivitas produksi domestik pada periode selanjutnya.

Secara keseluruhan 2021, kinerja ekspor dan impor barang dan jasa tumbuh tinggi masing-masing 24,04 persen dan 23,31 persen.

“Laju pemulihan ekonomi global menjadi faktor utama yang menjaga kinerja ekspor Indonesia, terutama bersumber dari ekspor nonmigas seperti olahan CPO, kendaraan bermotor, dan mesin,” ucapnya.

Di sisi lain, sektor industri pengolahan yang berkontribusi paling besar terhadap ekonomi Indonesia tumbuh 4,92 persen (yoy) pada triwulan IV atau 3,39 persen secara tahunan di 2021.

“Peningkatan permintaan ekspor yang tinggi serta permintaan dalam negeri yang mulai pulih menjadi fondasi penting yang mendorong pemulihan sektor ini,” kata Kepala BKF.

Ekspansi sektor manufaktur masih meningkat, dilihat dari indikator Purchasing Managers’ Index (PMI) yang terus naik dari 53,5 pada Desember 2021 menjadi 53,7 pada Januari 2022.

“Pemulihan sektor manufaktur yang berkesinambungan ini diharapkan memperkuat basis pertumbuhan ekonomi nasional dan mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih besar dan berkualitas,” katanya.

Selain itu, Febrio Kacaribu menyebutkan bahwa di triwulan IV 2021 terjadi kenaikan permintaan secara drastis atau fenomena pent up demand konsumsi masyarakat yang diikuti peningkatan aktivitas investasi.

Hal tersebut terjadi karena keberhasilan pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19.“Penyebaran varian Delta yang berhasil dikendalikan dengan cepat dan efektif mampu mendorong aktivitas konsumsi rumah tangga tumbuh 3,55 persen (yoy) di triwulan IV/2021,” katanya.

Baca Juga: Ekonom Sebut Pertumbuhan Konsumsi Triwulan IV 2021 Termasuk Rendah

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.