BPOM Mengklaim Susus Kental Manis Penyebab Diabetes dan Obesitas Anak

Susu Kental Manis Bukan Susu IG
Susu Kental Manis Bukan Susu IG

BPOM Mengklaim Susus Kental Manis Penyebab Diabetes dan Obesitas Anak – Siapa sih yang tidak mengenal susu kental manis atau yang Biasa disingkat SKM dimana ternyata Belum lama ini muncul pemberitaan pro dan kontra terkait masalah tersebut dikarenakan setelah dilakukan beberapa penelitian oleh pihak BPOM, ternyata di dalam susu kental manis tidak mengandung banyak susu alami malahan diklaim ada yang tidak ada kandungan susu sama sekali sehingga susu kental manis diduga menjadi salah satu jenis panganan yang meningkatkan risiko obesitas pada anak dan juga resiko diabetes.

Dengan adanya kabar tersebut, pihak BPOM langsung turun tangan dan memberikan klarifikasi kepada awak media di mana dari dahulu sampai sekarang banyak sekali pemahaman masyarakat yang sangat salah tentang susu kental manis, menurut pihak BPOM apabila SKM hanya mengandung sedikit susu atau malahan sama sekali tidak mengandung susu, dipastikan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terutama bagi anak-anak.

Dari pengakuan BPOM apabila susu kental manis dinilai kurang menyehatkan dan sangat tidak baik dan kami menemukan beberapa fakta seperti yang dilansir dari situs resmi milik BPOM diantaranya sebagai berikut.

Susu kental manis tidak menyehatkan

Dari pengakuan pihak BPOM kepada awak media dan melalui situs resminya, badan pengawas obat dan makanan menegaskan apabila sKM memang tidak sehat untuk dikonsumsi di mana bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas untuk anak.

Susu kental manis bukanlah minuman

Dari pengakuan Penny Lukito selaku kepala Badan pengawas Obat dan Makanan dirinya menegaskan apabila susu kental manis sangat tidak layak disebut dengan susu dikarenakan susu kental manis hanya mengandung lemak susu minimal 8% selanjutnya protein minimal 6,5 persen dan ternyata tidak mengandung susu sama sekali.

Japri Gan :  50+ Gambar kartun sekolah keren dan bagus

Penny Lukito menegaskan apabila di masyarakat sekarang ini ada pemahaman yang tidak sinkron malahan sangat berbahaya karena sebagian besar orang menyamakan susu kental manis dengan produk susu yang lain seperti susu cair maupun susu UHT padahal dengan mengkonsumsi es krim dengan berlebih akan mengakibatkan risiko diabetes juga obesitas karena kadar gula yang tinggi.

Larangan Iklan Susus Kental Manis dari BPOM

  1. Oleh sebab itu pihak BPOM langsung mengeluarkan surat edaran terkait label dan iklan di Produk susu kental bersama adalah pada bulan Mei 2018 di mana pada larangan tersebut menampilkan anak berusia dibawah 5 tahun dalam bentuk apapun iklannya.
  2. Dilarang memakai visualisasi jika Produk susu kental manis disamakan dengan produk susu lain atau pelengkap gizi.
  3. Larangan selanjutnya yaitu memakai visualisasi gambar disajikan menggunakan cara diseduh untuk dilakukan konsumsi sebagai minuman
  4. Dilarang menayangkan jam tayang pada acara anak.

Selanjutnya Penny menegaskan, apabila SKM memang tidak cocok untuk diminum kecuali dijadikan sebagai topping es campur maupun campuran bahan kue dan lainnya sehingga susu kental manis sangat tidak dianjurkan untuk diseduh sebagai minuman dikarenakan terlalu banyak kandungan gula yang bisa membahayakan bagi tubuh manusia.