Foto atau Video IG Story Jadi Gepeng? Begini Cara Mengatasinya

Pernah mengunggah foto atau video ke Instagram Stories tapi hasilnya jadi gepeng atau terpotong? tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Instagram Stories atau yang kerap disebut dengan IG Story merupakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa berbagi cerita, yang pernah atau sedang dialami lewat unggahan foto atau video.

Story IG bisa dibuat langsung lewat fitur kamera yang ada di aplikasi Instagram. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah foto dan video yang ada di galeri ponsel untuk dijadikan Story IG.

Terkadang foto dan video dari galeri ponsel yang diunggah ke Story IG, bisa jadi tampak tidak sesuai dengan tampilan aslinya. Saat foto atau video itu tayang di IG Story, tampilannya bisa berubah jadi lebih lonjong, terpotong, atau gepeng.

Baca juga: Daftar Situs untuk Download Instagram Stories Pribadi dan Orang Lain

IG Story memiliki standar ukuran atau rasio foto dan video, apabila pengguna membuatnya dengan tidak mengikuti standar ini maka tampilan konten bakal disesuaikan otomatis.

Penyesuaian otomatis pada konten tersebut yang menyebabkan Story IG jadi gepeng, lonjong, atau terpotong. Apabila Anda mengalami persoalan tersebut, simak cara mengatasi Story IG jadi gepeng berikut ini:

Atur rasio kamera jadi 16:9

Dikutip Kompastekno dari laman resmi bantuan Instagram, standar rasio foto atau video di Story IG adalah 16:9. Jadi sebelum membuat konten Story IG lewat kamera ponsel, baiknya Anda melakukan pengaturan rasio foto atau video dulu.

Cara mengatur rasio kamera bakal beda-beda tiap ponsel. Biasanya pengaturan rasio kamera bisa ditemukan dengan cepat di tab menu yang ada pada aplikasi kamera ponsel saat ini. Pilih rasio 16:9 saat akan membuat konten untuk IG Story.

Edit ukuran foto atau video di Instagram

Cara mengatasi Story IG jadi gepeng yang berikutnya adalah dengan edit foto atau video dulu di Instagram. Seperti dikatakan di awal, Story IG bisa bersumber dari galeri foto yang ada di ponsel.

Foto atau video itu bisa ditinjau dulu untuk diedit ukurannya di aplikasi instagram sesaat sebelum terunggah jadi IG Story. Dalam mode tinjauan ini, Anda bisa memperbesar atau memperkecil foto dan video agar sesuai dengan standar rasio Story IG.