Harga BBM 1 Juli 2018: Pertamax Naik Rp 600/Liter

Harga BBM 1 Juli 2018 IG
Harga BBM 1 Juli 2018 IG

Harga BBM 1 Juli 2018: Pertamax Naik Rp 600/Liter – Mulai tanggal 1 Juli 2018 tepatnya hari ini jam 00.00 WIB secara resmi perusahaan PT Pertamina persero langsung menaikkan harga pertamax dan beberapa bahan bakar minyak atau BBM dikarenakan ada beberapa alasan kuat kenapa Pertamax dan lainnya harus dinaikkan salah satunya adalah kekhawatiran sanksi Amerika Serikat pada Iran yang akan menghapus volume minyak mentah dari pasar dunia padahal sekarang ini sedang meningkat permintaan secara global. Oleh karena itu Pertamina pun langsung menaikkan pertamax dan berlaku di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum yang ada di Jawa Barat Jakarta dan juga Banten.

Harga BBM 1 Juli 2018 yang kami peroleh dari berbagai sumber dipastikan pertama naik Rp600 per liter selanjutnya ada beberapa daftar harga lain yang dipastikan akan naik seperti pertamina dex selanjutnya dexlite sampai Pertamax Racing, dan untuk pertalite dipastikan tidak akan mengalami kenaikan. Pastinya dengan kenaikan harga BBM terbaru 2018 ini akan menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Dari pengakuan adiatma Sardjito selaku Vice President Corporate Communication mengatakan apabila kenaikan harga bahan bakar minyak non subsidi tersebut dikarenakan meningkatnya harga minyak dunia yang sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan, di mana minyak mentah tersebut lebih dari 90% untuk masalah pembentukan harga, selain itu Indonesia diketahui menjadi pengimpor minyak.

Bukan hanya harga minyak yang dipastikan akan naik akan tetapi kenaikan harga pertamax ini pun dipicu akibat menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah walaupun untuk kontribusinya sendiri tidak begitu besar.

Penyebab harga BBM di awal Juli 2018 naik

Salah satu penyebab kuat kenapa harga BBM non subsidi naik di awal bulan Juli 2018 ini yaitu salah satunya dikarenakan harga minyak langsung menguat akibat adanya kekhawatiran sanksi Amerika Serikat pada negara Iran yaitu akan menghapus volume minyak mentah dari pasaran dunia, padahal permintaan untuk minyak mentah ini semakin meningkat jika dari sisi global.

Japri Gan :  CATAT!! Ini Jadwal Lengkap Babak 16 Besar Piala Dunia Rusia 2018

Dari pengakuan Tamar Essner selaku analisis nasdaq, apabila kenaikan harga minyak mentah dunia ini dikarenakan terjadinya gesekan antara Amerika Serikat dengan Iran, di mana untuk harga minyak Amerika Serikat naik sampai 62% menjadi USD 74,08 sehingga harga minyak tersebut berada di jalur kenaikan yang tumbuh sebanyak 8,2 persen.

Nilai tempat menurut Dominick Chrichella selaku Direktur Manajemen Risiko EMI DTN apabila kenaikan harga minyak mentah dunia dikarenakan terjadinya potensi kekurangan yang melampaui peningkatan produksi yang telah disepakati oleh pihak opec.

Selanjutnya masalah yang lain terjadinya banyak sekali gesekan di beberapa negara seperti di Arab Saudi dan Rusia selanjutnya di Kanada Libya dan Venezuela dan yang paling mengkhawatirkan yaitu sanksi Amerika Serikat terhadap Iran.

Harga BBM terbaru 2018

  • Harga pertamax: Rp 9.500
  • Harga pertamax Turbo: Rp 10.700
  • Harga Pertamina dex: Rp 10.500
  • Harga dexlite: Rp 9.000
  • Harga Pertamax Racing: Rp 42.000
  • Harga Pertalite: Rp 7.800

Untuk kenaikan harga pertamax yaitu Rp600, kenaikan pertamina dex Rp500, kenaikan dexlite rp900.