Manfaat Penting Vitamin F bagi Kesehatan Tubuh

Jakarta -Vitamin F adalah kombinasi dari dua jenis lemak penting, yaitu asam alfa-linolenat (ALA) dan asam linoleat (LA).

Dilansir dari laman healthline.com, ALA merupakan bagian dari lemak Omega-3, sedangkan LA merupakan bagian dari omega-6.

WebMD menulis bahwa ALA dan LA adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini memiliki fungsi penting bagi tubuh seperti melindungi saraf. Tanpa asam lemak ini, darah Anda, bisa membeku bahkan Anda tidak dapat menggerakkan otot.

Manfaat Vitamin F bagi Tubuh

Vitamin F memiliki manfaat penting bagi tubuh. Dilansir dari laman webmd.com, berikut manfaat vitamin F bagi tubuh.

1. Kesehatan Otak dan Sistem Saraf
Otak manusia sarat dengan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini dibutuhkan oleh otak agar dapat menghasilkan energi yang digunakan untuk berpikir dan bekerja setiap harinya.

Peran vitamin F ini, karenanya, sangat penting bagi perkembangan bayi. Tanpa vitamin F yang cukup, neuron dan sinapsis otak bayi tidak akan dapat berkembang dengan baik.

2. Kesehatan Jantung
Asupan ALA dan LA yang tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular yang mematikan. Selain itu, asam lemak tak jenuh ganda juga terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

3. Kesehatan Kognitif
Asam lemak Omega-3 seperti ALA dapat membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif yang sering menyerang usia tua.

4. Radang Sendi
Selain dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif, omega-3 seperti ALA juga dapat membantu mengurangi peradangan bagi penderita rheumatoid arthritis. ALA dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kekakuan yang sering dialami oleh rheumatoid arthritis.

Untuk dapat merasakan manfaat dari vitamin F, Anda perlu memperkaya asupan lemak Omega-3 (ALA) dan omega-6 (LA). ALA biasanya terkandung pada makanan nabati. Sedangkan LA biasanya terkandung dalam kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan telur.

Baca: Manfaat Jambu Biji, Menyehatkan Jantung dan Mencegah Diabetes Tipe 2

NAUFAL RIDHWAN ALY