Lintasan Sirkuit Mandalika Kotor, Begini Kata Pejabat Safety FIM Franco Uncini

Jakarta – Grand Prix Safety Officer FIM Franco Uncini mengomentari kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang mendapat keluhan dari sejumlah pembalap dalam tes pramusim MotoGP Mandalika 2022. 

Laga tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika dilakukan sejak Jumat lalu, 11 Februari, dan akan berakhir hari ini, Ahad, 13 Februari. Sedangkan balap motor MotoGP Mandalika 2022 akan digelar pada 18-20 Maret nanti.

“Hanya sedikit debu di trek, mungkin karena belum siap untuk tes ini tentunya karena banyak pekerjaan di sekitar sirkuit,” kata pejabat FIM Franco Uncini ketika ditemui Antara di Mandalika pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Pria asal Italia ini menjelaskan lintasan harus dibersihkan dengan benar dan cara yang baik. Selain dari itu, menurut dia, semuanya sudah baik dan para pembalap disebutnya puas.

Uncini menjelaskan bahwa kurang lebih satu bulan menuju MotoGP 2022 seri Mandalika sirkuit di pesisir selatan Pulau Lombok itu secara umum sudah siap digunakan. Namun penyelenggara harus bisa menjaga kebersihan trek.

“Hal ini sudah terkendali karena hanya membutuhkan mesin (track jet) untuk membersihkannya, masalah sudah terselesaikan,” kata Franco Uncini, yang juga juara dunia MotoGP kelas 500cc pada 1982.

Alat-alat berat masih bekerja untuk memasang tribun dan bangunan lainnya di Sirkuit Mandalika. Sedangkan di luar area sirkuit, para pekerja masih membangun jalan baru menjelang balap motor MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret nanti.

MGPA, penyelenggara balap motor di Mandalika itu, kemudian rutin membersihkan lintasan dari debu sehingga pada hari kedua tes pramusim MotoGP Mandalika para pembalap bisa melaju lebih kencang ketimbang pada hari pertama.

Baca: Tes Resmi MotoGP: Sirkuit Mandalika Kotor karena Serpihan Ban

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.