Realisasi Investasi Sektor Industri Rp 117,5 T, Bahlil Sebut Faktor Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan realisasi investasi sektor industri pada 2021 meroket hingga 90,7 persen dibandingkan periode 2019 berkat adanya hilirisasi. 

“Di 2021, realisasi investasi sektor industri mencapai Rp117,5 triliun. Angka ini meningkat 90,7 persen dibandingkan tahun 2019 lalu. Kita tidak lagi mengekspor bahan baku, sudah terjadi hilirisasi,” kata dia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 11 Februari 2022.

Bahlil mengatakan hilirisasi sejalan dengan arah kebijakan Indonesia untuk memprioritaskan pengelolaan sumber daya alam.

“Pemerintah mendorong investasi berkualitas yang kuncinya adalah adanya penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi,” katanya.

Presiden Joko Widodo, lanjut Bahlil, memerintahkan untuk membangun investasi yang inklusif dan berkualitas dengan tiga cara.

Pertama, yaitu melalui pemerataan pertumbuhan investasi yang tidak hanya terfokus pada pulau Jawa saja. Kedua, setiap investor yang masuk diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha nasional di daerah dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ketiga, perlunya memangkas proses perizinan investasi di Indonesia.

12 Selanjutnya