Samsung Galaxy Tab S8 Lolos Sertifikasi Kominfo, Ini Bocoran Spesifikasinya

Samsung tampaknya akan menghadirkan tablet baru di Indonesia. Indikasi ini terlihat dari laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Di situs tersebut, dua nomor model tablet Samsung diketahui telah mendapatkan sertifikat SDPPI Kominfo. Kedua nomor model itu adalah SM-X700 dan SM-X706B, yang merupakan nomor model untuk Samsung Galaxy Tab S8.

Lihat Foto
Sertifikasi Postel Galaxy Tab S8(Postel Kominfo)

Nomor model tersebut sebelumnya juga muncul di halaman Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat, pihak berwenang yang memberi sertifikasi pada perangkat komunikasi dan elektronik di AS.

Di laman tersebut, terungkap bahwa SM-X700 dan SM-X706B adalah nomor model untuk Galaxy Tab S8 model reguler.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 FE, Flagship yang Datang Terlambat

Perbedaannya adalah, kode nomor SM-X700 untuk Galaxy Tab S8 varian Wi-Fi (walau tanpa keterangan pita frekuensi yang didukung).

Sementara SM-X706B adalah Galaxy Tab S8 varian seluler 4G LTE (dengan SIM card), Sub6 5G, 3G, serta 2G. FCC juga menyebutkan Galaxy Tab S8 mendukung stylus S Pen.

Mengingat nomor modelnya yang sama, ada kemungkinan Galaxy Tab S8 yang akan hadir di Indonesia juga merupakan varian WiFi dan LTE.

Galaxy Tab S8 dengan kode nomor SM-X706B juga sudah muncul di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nomor sertifikat.

Menurut laman TKDN, perangkat ini mendukung jaringan 4G LTE dan telah memenuhi TKDN 36,20 persen.

Lihat Foto
TKDN Galaxy Tab S8 (SM-X706B)(Kemenperin)

Sejauh ini, belum diketahui kapan Samsung akan meluncurkan Galaxy Tab S8 di Indonesia. Namun besar kemungkinannya tablet ini meluncur bersamaan dengan Galaxy S22pada 9 Februari mendatang.