Kesan Pertama Menjajal Samsung S22 Ultra, Kini dengan Stylus S-Pen Bawaan

JAKARTA, Serangkaian rumor, bocoran spesifikasi, gambar render, hingga hands-on akhirnya berkulminasi pada diperkenalkannya trio ponsel Galaxy S22 oleh Samsung hari Rabu (9/2/2022).

Beberapa hari sebelumnya di Jakarta, Samsung sempat menggelar sesi briefing untuk jurnalis. Di sana diperlihatkan ketiga ponsel Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra yang ternyata memang mirip dengan aneka bocoran yang beredar selama ini.

Tampang Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus terbilang tak banyak berubah dibanding dua perangkat terdahulu, Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus.

Lain halnya dengan Galaxy S22 Ultra, yang bukan hanya tampil beda, tapi untuk pertama kalinya juga memboyong fitur andalan dari seri Galaxy Note, yakni stylus S Pen.

Lebih mirip Galaxy Note daripada Galaxy S

S Pen sebenarnya sudah didukung oleh Galaxy S21 Ultra. Namun, perangkat tersebut tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan stylus sehingga kurang praktis.

Di Galaxy S22 Ultra, untuk pertama kalinya Samsung menambahkan kompartemen stylus, lengkap dengan S pen di dalamnya.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Indonesia, Verry Octavianus, mengibaratkan Galaxy S22 Ultra sebagai gabungan ponsel seri Galaxy S dan Galaxy Note, sehingga turut mengawinkan aspek kreatif dan produktivitas dari kedua lini smartphone tersebut.

“Sebagai Note ‘legacy’, kami hadirkan stylus S-Pen di Galaxy S22 Ultra,” kata Verry saat memperkenalkan perangkat tertinggi dari seri Galaxy S22 tersebut di acara briefing Samsung.

Lihat Foto
Pengalaman menggunakan stylus di Galaxy S22 Ultra sangat mirip dengan Galaxy Note. Samsung mengklaim latency S Pen di ponsel ini hanya 2,8 ms. (KOMPAS.com/ OIK YUSUF)

Bukan hanya stylus, rancangan fisik Galaxy S22 Ultra pun ikut dirombak sehinggga menjadi mirip seri Galaxy Note dengan sudut-sudut yang menyiku, alih-alih membulat seperti perangkat-perangkat Galaxy S sebelumnya.

Galaxy S22 Ultra pun menjadi lebih mirip Galaxy Note 20 Ultra (model Galaxy Note terakhir yang dirilis Samsung pada 2020) ketimbang dua saudaranya, Galaxy S22 dan S22 Plus, yang desainnya masih mirip dengan seri Galaxy S21 keluaran tahun lalu.