Pengelola Unduhan Gratis terbaik untuk Windows & Linux

software untuk download file

Mengunduh file dalam bentuk dokumen, gambar, video, musik dan lain-lain sekarang dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan software yang tersedia dan bahkan diantaranya bisa digunakan secara gratis. Software paling terkenal di kalangan pengguna windows tentu saja internet download manager atau IDM, walaupun banyak juga software lain yang secara fungsi memiliki kemiripan dan juga powerfull untuk digunakan.

Beberapa software yang bisa digunakan untuk mengunduh file adalah sebagai berikut:

Persepolis

Persepolis adalah pengelola unduhan open source yang sederhana, gratis, tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Kami mengunduh file 1,1 GB dengannya dan melakukan hal yang sama di Chrome untuk tujuan pengujian. Meskipun tidak ada perbedaan kecepatan antara siang dan malam, itu signifikan. Kami akhirnya mengunduh file dalam empat setengah menit, sementara Chrome membutuhkan waktu lima menit.

Antarmuka pengguna sederhana, bersih, dan sangat dapat disesuaikan. Salah satu pembeda dari aplikasi ini adalah ia bertindak sebagai ujung depan ke salah satu perangkat lunak baris perintah populer Youtube-dl. Mengunduh video dari YouTube sangat mudah, tetapi juga berfungsi untuk DailyMotion dan Vimeo. Fitur-fitur ini, dikombinasikan dengan kecepatan unduh dan sifat open source, menjadikannya salah satu alternatif IDM dan pengelola unduhan terbaik di luar sana.

Motrix

Perangkat lunak lain yang sepenuhnya gratis yang bekerja seperti pesona. Motrix adalah pengelola unduhan sumber terbuka yang tampak hebat dalam hal antarmuka pengguna dan juga memiliki fitur yang hebat. Kami mengujinya dan menemukan bahwa perlu beberapa saat untuk menginisialisasi unduhan, tetapi begitu unduhan dimulai, kecepatannya lebih baik daripada browser.

Selain sebagai pengelola unduhan, ia juga mendukung tautan BitTorrentMagnet dan memperbarui pelacak secara otomatis setiap hari. Ini juga tersedia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan hingga sepuluh tugas untuk diunduh secara bersamaan.

Semua fitur ini dikombinasikan dengan ketersediaan lintas platform menjadikannya salah satu pengelola unduhan file dan torrent open source terbaik di luar sana.

uGet Download Manager

Salah satu hal terbaik tentang pengelola unduhan ini adalah kecepatan unduhannya. Ini bisa menjadi pengelola unduhan paling ringan dan tercepat di daftar ini. Di sini, unduhan lebih cepat dicapai melalui unduhan multi-koneksi.

File akan dibagi untuk meningkatkan kecepatan download. Ini tersedia untuk Windows dan Linux, tetapi versi Linux tidak memiliki beberapa fitur menarik dibandingkan dengan versi Windows-nya. Ada juga ekstensi browser untuk Firefox dan Chrome.

FireDm

Pengelola unduhan sumber terbuka gratis yang dibuat dengan Python ini sangat bagus untuk mengunduh file dan video dari situs web dan YouTube lebih cepat. Ini didasarkan pada LibCurl, yang diklaim pengembang lebih baik daripada aria2, yang digunakan di sebagian besar pengelola unduhan sumber terbuka.

Selain itu, aplikasi ini menggunakan multithreading dan segmentasi file untuk meningkatkan kecepatan unduh. Salah satu fitur terbaik FireDM adalah dapat mengunduh seluruh daftar putar YouTube, yang akan menghemat banyak waktu Anda. Anda juga dapat mengunduh subtitle video, menjadwalkan unduhan, dan mengubah tema GUI

Secara keseluruhan, ini adalah satu-satunya alat yang Anda perlukan untuk mengunduh konten favorit Anda dari YouTube dan situs web. Unduh versi FireDM portabel untuk Windows dan Linux dari repositori resmi Github.

JDownloader

JDownloader dibangun dengan Java dan merupakan sumber terbuka dan pengelola unduhan gratis. Tidak seperti perangkat lunak lain dalam daftar ini, antarmuka pengguna meninggalkan banyak hal yang diinginkan. Ini memiliki semua fitur penting dari pengelola unduhan biasa seperti penjadwalan, mengunduh file, video dari YouTube dan Vimeo, dll.

Salah satu fitur yang luar biasa adalah fungsi plugin. Ini memiliki lebih dari 3793 plugin untuk mengotomatiskan unduhan, dan Anda juga dapat menyesuaikan perilakunya. Tapi tentu saja ada banyak fitur lain yang bisa kami bicarakan lebih lanjut, dan artikel ini tidak akan pernah berakhir seperti ini, kami serahkan kepada Anda.

KGet

KGet adalah pengelola unduhan yang merupakan bagian dari ekosistem aplikasi KDE. Ini gratis dan open source, tetapi hanya tersedia untuk Linux. Antarmuka pengguna sederhana tetapi sangat dapat disesuaikan. KGet memiliki semua fungsi pengelola unduhan biasa.

Seperti JDownloader, KGet juga menyertakan plugin seperti BitTorrent yang memungkinkan Anda mengunduh file menggunakan BitTorrent, Checksum Search, dan banyak lainnya. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk memprioritaskan unduhan Anda.

Free Download Manager

Free Download Manager adalah salah satu alternatif paling populer untuk IDM, dan itu karena gratis. Alasan lainnya adalah ia berfungsi dengan baik sebagai klien unduhan torrent juga. Ini bukan open source, tapi kami pikir itu layak berada di daftar ini.

Fitur menarik lainnya adalah Anda membagi file unduhan menjadi beberapa bagian dan kemudian mengunduhnya secara bersamaan